NewCyber™ | The cyber world is in your hands
™️ Welcome And Zone NewCyber ™️™️

[-]Yang Belum Punya User DI NewCyber ™️ Harap Register.
[-]Yang Sudah Ada Di HarapKan Log In Terlebih Dahulu.
[-]DaftarKan User Anda Di VIP(Terdapat Aplikasi Lebih Banyak).


Pendaftaran VIP SMS : 083821806448

~Thankz For ALL NewCyber ™️~
---------------------------------------------------------


My Facebook : anggadnewcyber@yahoo.co.id
kress24angga@hotmail.com


AWALI USER KALIAN DENGAN NC
Contoh [NC]Rony


NewCyber™ | The cyber world is in your hands
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin
™Welcome To Area NewCyber [Daftarkan Diri Anda SEGERA] LOGIN BAGI YANG SUDAH PUNYA ID YANG BELUM SILAKAN KLIK REGISTER
Login
Username:
Password:
Login otomatis: 
:: Lupa password?
Top posting users this week
My Parthner
Facebook Presiden NC
Angga Septiana

Jika Anda Ingin Request Agar Lagu kesukaan Anda Di Remix Sama Admin seperti suara Alvin & The Chipmunk Klik Dibawah ini
Click Here
Latest topics
» Free Hack PERFECT
Sat Nov 15, 2014 9:05 pm by wabah

» Tutorial ****
Tue Jul 17, 2012 2:35 pm by alvinjr

» Auto1masteR Mengajak Anda Untuk Bergabung!
Fri Apr 13, 2012 9:09 am by Auto1masteR

» RF Eden Behind the light 2.2.4
Mon Mar 26, 2012 2:03 pm by sulthan

» cheat special trial 3 hari
Sat Mar 24, 2012 10:11 am by Ari Link

» RF EDEN ADA EVENT pLayer BaRu
Sat Mar 10, 2012 5:23 pm by nhaviz

» cheat hot
Sun Feb 26, 2012 2:11 pm by sabar

» Special Malam Minggu
Sat Feb 25, 2012 2:27 pm by sabar

» Cheat Hot Work Sampe Mentenance
Fri Feb 24, 2012 7:24 pm by sabar


Share | 
 

 Network Security

Go down 
PengirimMessage
[NC]RayCYBER
Member [NC]
Member [NC]
avatar

Jumlah posting : 5
Join date : 04.12.11
Age : 21
Lokasi : Tangerang

PostSubyek: Network Security   Thu Dec 08, 2011 2:25 pm

Seperti yang kita lihat di saat ini, Internet telah tumbuh dan berkembang hingga mencapai angka beberapa juta unit komputer yang terkoneksi di berbagai belahan dunia. Dari hari ke hari pula informasi yang terkandung di dalam jaringan Internet tersebut semakin lengkap, akurat, dan penting. . Informasi telah menjadi suatu asset yang sedemikian berharga sehingga perlu mendapat perlakuan yang lebih spesifik. Selain itu pula, kemajuan yang dicapai dalam bidang pengembangan sistem operasi komputer sendiri dan utulitasnya sudah sedemikian jauh dimana tingkat performansi, keandalan dan fleksibilitas software menjadi kriteria utama dalam proses pengembangan software. Dengan semakin penting dan berharganya informasi tersebut dan ditunjang oleh kemajuan pengembangan software, tentunya menarik minat para pembobol (hacker) dan penyusup (intruder) untuk terus bereksperimen guna menemukan dan mempergunakan setiap kelemahan yang ada dari konfigurasi sistem informasi yang telah ditetapkan

Bertolak dari kenyataan di atas, muncul sebuah konsep yang lebih sering disebut dengan Network Security. Pada awalnya, konsep ini menjelaskan lebih banyak mengenai keterjaminan (security) dari sebuah sistem jaringan komputer yang terhubung ke Internet terhadap ancaman dan gangguan yang ditujukan kepada sistem tersebut. Cakupan konsep tersebut semakin hari semakin luas sehingga pada saat ini tidak hanya membicarakan masalah keterjaminan jaringan komputer saja, tetapi lebih mengarah kepada masalah-masalah keterjaminan sistem jaringan informasi secara global. Beberapa negara Eropa dan Amerika bahkan telah menjadikan Network Security menjadi salah satu titik sentral perhatian pihak-pihak militer masing-masing.

Sebenarnya, masalah Network Security ini timbul dari konektivitas jaringan komputer lokal yang kita miliki dengan wide-area network (seperti Internet). Jadi, selama jaringan lokal komputer kita tidak terhubung kepada wide-area network, masalah Network Security tidak begitu penting. Tetapi hal ini bukan berarti memberikan arti bahwa bergabung dengan wide-area network adalah suatu hal yang 'menakutkan' dan penuh bahaya. Network Security hanyalah menjelaskan kemungkinan-kemungkinan yang akan timbul dari konektivitas jaringan komputer lokal kita dengan wide-area network.

Secara umum, terdapat 3 (tiga) kata kunci dalam konsep Network Security ini, yaitu:

resiko / tingkat bahaya,
ancaman, dan
kerapuhan sistem (vulnerability)

Resiko atau tingkat bahaya
Dalam hal ini, resiko berarti berapa besar kemungkinan keberhasilan para penyusup dalam rangka memperoleh akses ke dalam jaringan komputer lokal yang dimiliki melalui konektivitas jaringan lokal ke wide-area network. Secara umum, akses-akses yang diinginkan adalah :

Read Access : Mampu mengetahui keseluruhan sistem jaringan informasi.
Write Access : Mampu melakukan proses menulis ataupun menghancurkan data yang terdapat di sistem tersebut.
Denial of Service : Menutup penggunaan utilitas-utilitas jaringan normal dengan cara menghabiskan jatah CPU, bandwidth maupun memory.
Ancaman
Dalam hal ini, ancaman berarti orang yang berusaha memperoleh akses-akses illegal terhadap jaringan komputer yang dimiliki seolah-olah ia memiliki otoritas terhadap akses ke jaringan komputer.

Kerapuhan System (Vulnerability)
Kerapuhan sistem lebih memiliki arti seberapa jauh proteksi yang bisa diterapkan kepada network yang dimiliki dari seseorang dari luar sistem yang berusaha memperoleh akses illegal terhadap jaringan komputer tersebut dan kemungkinan orang-orang dari dalam sistem memberikan akses kepada dunia luar yang bersifat merusak sistem jaringan.

Untuk menganalisa sebuah sistem jaringan informasi global secara keseluruhan tentang tingkat keandalan dan keamanannya bukanlah suatu hal yang mudah dilaksanakan. Analisa terhadap sebuah sistem jaringan informasi tersebut haruslah mendetil mulai dari tingkat kebijaksanaan hingga tingkat aplikasi praktisnya.

Sebagai permulaan, ada baiknya kita melihat sebuah sistem jaringan yang telah menjadi titik sasaran utama dari usaha-usaha percobaan pembobolan tersebut. Pada umumnya, jaringan komputer di dunia menggunakan sistem operasi Unix sebagai platform. Unix telah menjadi sebuah sistem operasi yang memiliki keandalan tinggi dan tingkat performansi yang baik. Tetapi, pada dasarnya Unix tersusun oleh fungsi-fungsi yang cukup rumit dan kompleks. Akibatnya, Unix juga memiliki beberapa kelemahan seperti bug-bug (ketidaksesuaian algoritma pemrograman) kecil yang kadang kala tidak disadari oleh para pemrogram Unix. Selain itu, utilitas-utilitas yang memanfaatkan Unix sebagai platformnya, seringkali mempunyai bug-bug tersendiri pula. Nah, hal-hal inilah yang sering dieksploitasi oleh para hacker dan intruder di seluruh dunia.
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://Newcyber.forumc.net
 
Network Security
Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» [Blender] How to Cellshading
» Kawasaki Network (Ninja 250R, Beli Dimana Dan Harga....)
» For Sale: Xena, gembok cakram alarm motor terbaik, gak pake ribet!
» pengaman / physical-security utk ninin ?
» NEW Item SPIDI, NOLAN, Luma (Security System) and Promo

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
NewCyber™ | The cyber world is in your hands :: Toggle this category Internet Help and Discussion Center :: Network dan Security-
Navigasi: